Tanaman Porang

tanaman porang
tanaman porang

TANAMAN PORANG

sekilas tanaman porang
tanaman porang

Tanaman porang ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat indonesia, disetiap daerah mempunyai nama yang berbeda beda seperti nama porang sendiri berasal dari daerah nganjuk jawa timur, nama lorkong berasal dari madura dan acung nama yang diberikan oleh orang sunda, dll.

Secara botani tanaman ini adalah sebagai berikut :

– Divicio                     : Spermatopytha

– Sub Divicio             : Angiospermae

– Klas                          : Monocotyledonae

– Ordo                         : Areceales

– Family                     : Areceae

– Genus                      : Amorphopallus

– Species                    : Amarphopallus oncophillus BI

 

Porang ( Amorphopallus Muelleri Blume ) di duga berasal dari dataran tropis kepulauan andaman di India, kemudian menyebar kearah timur melalui myanmar, thailand dan masuk ke indonesia. Perkembangan porang di Indonesia semakin tinggi semenjak pendudukan jepang. Oleh pemerintah jepang tanaman ini diperintahkan di tanam disetiap pekarangan karena tanaman ini dipergunakan untuk keperluan industri bahan peledak. Porang banyak mengandung selulosa yang dapat membentuk seluloid.

Porang pada umumnya dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, namun demikian agar usaha budidaya tanaman Porang dapat berhasil dengan baik perlu diketahui hal-hal yang merupakan syarat-syarat tumbuh tanaman Porang, terutama yang menyangkut iklim dan keadaan tanahnya.

Porang mempunyai sifat khusus yaitu mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh (tahan tempat teduh). Tanaman ini membutuhkan cahaya maksimum hanya sampai 40%. Tanaman Porang dapat tumbuh pada ketinggian 0 – 700 M dpl. Namun yang paling bagus pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 – 600 M dpl.

Untuk hasil yang baik, Porang menghendaki tanah yang gembur/subur serta tidak becek (tergenang air). Derajat keasaman tanah yang ideal adalah antara PH 6 – 7 serta pada kondisi jenis tanah apa saja.

Naungan yang ideal untuk tanaman Porang adalah jenis Jati, Mahoni Sono, dan lain-lain, yang pokok ada naungan serta terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% sehingga semakin rapat semakin baik.

Tanaman Porang merupakan tanaman asli dari daerah tropis yang termasuk dalam suku/famili Iles-iles yang memberikan hasil utama berupa umbi, yang dapat dijadikan bahan makanan, perindustrian, dan obat-obatan. Seperti halnya talas, umbi Porang mengandung kristal kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal, tetapi bisa dihilangkan melalui proses pabrikasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*